Alibaba (alibaba.com)
Alibaba (alibaba.com)
Alibaba Group Holding Limited adalah konglomerat multinasional Tiongkok
yang memiliki spesialisasi dalam e-commerce, ritel, Internet, kecerdasan
buatan, dan teknologi. Didirikan oleh Jack Ma pada tahun 4 April 1999, di
Hangzhou, Tiongkok. Dan beberapa anak perusahaannya adalah AliExpress, Alibaba.com,
Trendyol, Daraz, dan lainnya.
Yang akan kita bahas disini adalah Alibaba.com yakni marketplacenya
Alibaba.com merupakan perusahaan e-commerce yang didirikan Jack Ma
dan rekannya pada tahun 1999. Marketplace tersebut adalah bisnis pertamanya
bersama dengan rekannya. Alibaba telah menjadi salah satu e-commerce raksasa di
dunia. Jumlah pembeli di situs Alibaba.com diklaim sudah menjangkau 190 negara.
Penggunanya tidak hanya individu, tapi juga pengecer, produsen, pedagang besar,
Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bisnis ekspor impor, maupun agen
perdagangan.
Pada tampilan awal website Alibaba kita disuguhkan oleh ads slide
yang dapat berganti setiap beberapa detik sekali dengan beberapa informasi yang
menarik dalam tiap slidenya sebagai contoh adalah diskon hingga 50%
produk-produk terlaris.
Kemudian dalam website tersebut dibagi dalam beberapa kategori
barang ada banyak sekali kategorinya seperti home & garden, beauty &
personal care, Machinery dan masih banyak lagi yang mana dalam kategori
tersebut masih di bagi dalam beberapa kategori lain seperti contoh dalam
kategori , beauty & personal care terdapat beberapa kategori lain lagi
yaitu Bath Supplies, Baby Care dan masih banyak lagi, sehingga di Alibaba ini
begitu banyak kategori yang memudahkan dalam pembelian.
Di website tersebut juga ada pusat pembeli yang berisi blog, jaminan
jual beli, layanan pemeriksaan dan pemantauan produksi, layanan logistic serta
surat kredit. Di dalam blog tersebut terdapat beberapa artikel mengenai tips,
wawasan serta ispirasi utuk mengembangkan bisnis.
Dalam website Alibaba.com juga terdapat informasi mengenai cara penjualan
di Alibaba untuk penjual global atau penjual dari tiongkok sendiri. Dan terdapat
beberapa bantuan untuk pembeli, pemasok, kita juga dapat mengajukan keberatan
dan melaporkan pelaggaran IPR dan penyalahgunaan.
Untuk informasi produk di marketplace Alibaba sangat lengkap dan
cukup detail. Dan juga sudah ada perlindungan jaminan jual beli dan kebijakan pegembalian
dana dari Alibaba. Untuk pemesanan bisa melalui pesan (hubungi supplier) dan
live chat.
Ketika belanja di laman website Alibaba.com kita dapat memilih Negara
suplliernya, ada beberapa pilihan Negara suplliernya seperti Negara Russia,
Malaysia, Korea, Italy, USA, Thailand, dan masih banyak lagi. Dengan adanya
pemilihan berbelanja berdasarkan Negara, membuat kita dapat langsung membeli
produk-produk dari Negara tersebut.
Dan terdapat ‘leave feedback’ yang mana berisi User Experience
Feedback Survey.
Di Alibaba.com juga terdapat Customer Services : Help Center, Contact
Us, Report Abuse, Submit a Dispute, Policies & Rules and Get Paid for Your
Feedback.
Misi dari Alibaba.com adalah untuk mempermudah berbisnis di mana
saja. Dan dengan membantu pembeli menemukan produk dan pemasok dengan cepat dan
efisien. Alibaba.com menghadirkan ratusan juta produk untuk di lebih dari 40
kategori utama yang berbeda, termasuk elektronik konsumen, mesin, dan pakaian. Pembeli
untuk produk ini berlokasi di 190+ negara dan wilayah, dan bertukar ratusan
ribu pesan dengan pemasok di platform setiap hari. Kapanpun dimanapun Sebagai
platform.
Alibaba.com sudah ada di Apps Store dan Google Play, jadi jika
ingin berbelanja di Alibaba.com melalui handphone dapat mendownloadnya di Apps
Store atau Google Play. Kalian juga dapat mengikuti melalui media sosial :
Facebook, Twitter, YouTube, dan LinkedIn.
Ref :
https://www.cermati.com/artikel/mengenal-alibaba-grup-kerajaan-bisnis-milik-jack-ma-dari-china
Alibaba.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Alibaba_Group
#UTSDigitalMarketing
Komentar
Posting Komentar