Alibaba (alibaba.com)

 

Alibaba (alibaba.com)

Alibaba Group Holding Limited adalah konglomerat multinasional Tiongkok yang memiliki spesialisasi dalam e-commerce, ritel, Internet, kecerdasan buatan, dan teknologi. Didirikan oleh Jack Ma pada tahun 4 April 1999, di Hangzhou, Tiongkok. Dan beberapa anak perusahaannya adalah AliExpress, Alibaba.com, Trendyol, Daraz, dan lainnya.

Yang akan kita bahas disini adalah Alibaba.com yakni marketplacenya

Alibaba.com merupakan perusahaan e-commerce yang didirikan Jack Ma dan rekannya pada tahun 1999. Marketplace tersebut adalah bisnis pertamanya bersama dengan rekannya. Alibaba telah menjadi salah satu e-commerce raksasa di dunia. Jumlah pembeli di situs Alibaba.com diklaim sudah menjangkau 190 negara. Penggunanya tidak hanya individu, tapi juga pengecer, produsen, pedagang besar, Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bisnis ekspor impor, maupun agen perdagangan.

 


Pada tampilan awal website Alibaba kita disuguhkan oleh ads slide yang dapat berganti setiap beberapa detik sekali dengan beberapa informasi yang menarik dalam tiap slidenya sebagai contoh adalah diskon hingga 50% produk-produk terlaris.

Kemudian dalam website tersebut dibagi dalam beberapa kategori barang ada banyak sekali kategorinya seperti home & garden, beauty & personal care, Machinery dan masih banyak lagi yang mana dalam kategori tersebut masih di bagi dalam beberapa kategori lain seperti contoh dalam kategori , beauty & personal care terdapat beberapa kategori lain lagi yaitu Bath Supplies, Baby Care dan masih banyak lagi, sehingga di Alibaba ini begitu banyak kategori yang memudahkan dalam pembelian.

Di website tersebut juga ada pusat pembeli yang berisi blog, jaminan jual beli, layanan pemeriksaan dan pemantauan produksi, layanan logistic serta surat kredit. Di dalam blog tersebut terdapat beberapa artikel mengenai tips, wawasan serta ispirasi utuk mengembangkan bisnis.


Dalam website Alibaba.com juga terdapat informasi mengenai cara penjualan di Alibaba untuk penjual global atau penjual dari tiongkok sendiri. Dan terdapat beberapa bantuan untuk pembeli, pemasok, kita juga dapat mengajukan keberatan dan melaporkan pelaggaran IPR dan penyalahgunaan.


Untuk informasi produk di marketplace Alibaba sangat lengkap dan cukup detail. Dan juga sudah ada perlindungan jaminan jual beli dan kebijakan pegembalian dana dari Alibaba. Untuk pemesanan bisa melalui pesan (hubungi supplier) dan live chat.

Ketika belanja di laman website Alibaba.com kita dapat memilih Negara suplliernya, ada beberapa pilihan Negara suplliernya seperti Negara Russia, Malaysia, Korea, Italy, USA, Thailand, dan masih banyak lagi. Dengan adanya pemilihan berbelanja berdasarkan Negara, membuat kita dapat langsung membeli produk-produk dari Negara tersebut.


Dan terdapat ‘leave feedback’ yang mana berisi User Experience Feedback Survey.

Di Alibaba.com juga terdapat Customer Services : Help Center, Contact Us, Report Abuse, Submit a Dispute, Policies & Rules and Get Paid for Your Feedback.

Misi dari Alibaba.com adalah untuk mempermudah berbisnis di mana saja. Dan dengan membantu pembeli menemukan produk dan pemasok dengan cepat dan efisien. Alibaba.com menghadirkan ratusan juta produk untuk di lebih dari 40 kategori utama yang berbeda, termasuk elektronik konsumen, mesin, dan pakaian. Pembeli untuk produk ini berlokasi di 190+ negara dan wilayah, dan bertukar ratusan ribu pesan dengan pemasok di platform setiap hari. Kapanpun dimanapun Sebagai platform.

Alibaba.com sudah ada di Apps Store dan Google Play, jadi jika ingin berbelanja di Alibaba.com melalui handphone dapat mendownloadnya di Apps Store atau Google Play. Kalian juga dapat mengikuti melalui media sosial : Facebook, Twitter, YouTube, dan LinkedIn.

Ref : 

https://www.cermati.com/artikel/mengenal-alibaba-grup-kerajaan-bisnis-milik-jack-ma-dari-china

Alibaba.com

https://id.wikipedia.org/wiki/Alibaba_Group

#UTSDigitalMarketing

Komentar

Postingan Populer